--> Hadiri Lokakarya Konferensi Internasional, STKIP Tamsis Kencangkan Visi “Go Internasional” | Poros NTB

Hadiri Lokakarya Konferensi Internasional, STKIP Tamsis Kencangkan Visi “Go Internasional”

SHARE:

Dibaca Normal

Mataram, porosntb.com.- Visi Go International STKIP Taman Siswa (Tamsis) Bima yang selama ini digaungkan bukan hanya isapan jempol belaka. Banyak catatan manis yang telah ditorehkan kampus yang dipimpin Dr. Ibnu Khaldun Sudirman, MSi di kancah global. Bukan rahasia lagi bahwa mahasiswa dan dosennya sudah pernah mencicipi prestasi-prestasi gemilang berskala internasional. 

Komitmen dan konsistensi Tamsis sebagai salah satu perguruan tinggi yang mendunia memang harus diakui sudah berada pada relnya. Untuk itu, Kampus Beradab ini terus mengupgrade kapasitas untuk tetap berada di jalur tersebut.

Teranyar, salah satu dosennya yakni Ika Suciwati, M.TESOL baru saja menyelesaikan studi di Monash Australia. Ika Suciwati bukanlah satu satunya dosen lulusan luar negeri mikim kampus STKIP Tamsis. Bahkan, kampus yang berlokasi di Kabupaten dan Kota Bima itu sudah banyak memiliki SDM dosen alumnus luar negeri seperti Malaysia dan lain-lain. 

Ini menjadi indikator kampus berjas merah itu merupakan perhuruan tinggi yang benar-benar siap untuk go internasional. Bahakn saat ini, doaennya yang baru lulus di Australia Ika Suciwati langsung menghadiri lokakarya Pengelolaan Konferensi Internasional di Unram. 

Tamsis sebagai salah satu kampus yang konsen mendorong SDM nya untuk go internasional tentu tidak ingin ketinggalan mengikuti kegiatan tersebut. Terlebih kegiatan ini, bereputasi dan berskala internasional yang tentunya akan meningkatkan kemampuan para dosen setempat.

Selain itu, kegiatan tersebut dalam rangka mendorong kampus untuk memahami acuan dalam penyelenggaraan konferensi bereputasi guna menunjang akreditasi dan meningkatkan peringkat dunia perguruan tinggi khususnya di kampus STKIP Taman Siswa Bima.

Lokakarya yang berlangsung di ruang rapat Prof. Morisco, Fakultas Teknik Universitas Mataram (UNRAM) itu, memang sangat relevan dengan tujuan Tamsis yang menggaungkan kampus go international. Selain STKIP Taman Siswa Bima, lokakarya ini dihadiri oleh perwakilan dari berbagai institusi pendidikan tinggi seperti  UNRAM, UIN Mataram, Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT), Unizar hingga UGM. Peserta yang hadir berasal dari berbagai perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS).

Acara dimulai dengan sambutan pembuka, dilanjutkan dengan paparan dari para pembicara yang membahas berbagai aspek penting dalam pengelolaan konferensi internasional. Prof. Dr. Ford Lumban Gaol menjelaskan alasan artikel dapat ditolak dalam konferensi terindeks Scopus, antara lain adalah kualitas paper, antrian review yang panjang, dan heterogenitas penulis dari institusi yang sama.

Sementara Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Sitti Hilyana, mengapresiasi partisipasi seluruh perguruan tinggi, terutama STKIP Taman Siswa Bima sebagai kampus yang paling jauh. Prof. Sitti Hilyana menekankan pentingnya kolaborasi produktif antar perguruan tinggi di bidang akademik. "Kolaborasi yang kuat akan meningkatkan kualitas penyelenggaraan konferensi internasional, yang pada gilirannya meningkatkan akreditasi dan peringkat dunia perguruan tinggi kita," ujarnya.

Pembicara dalam lokakarya ini terdiri dari tiga akademisi ternama. Prof. Dr. Ford Lumban Gaol, S.Si., M.Kom. membahas tentang "International Conference Terindeks Scopus". Prof. Buan Anshari, S.T., M.Sc., Ph.D. membahas "Pelaksanaan dan Persiapan Prosiding Seminar Internasional" dan Prof. Aris Doyan, M.Si., Ph.D. mengulas tentang "Database dan Publikasi".

Prof. Buan Anshari menyoroti pentingnya pemasaran dan branding konferensi. "Pilih event dengan partisipan yang beragam, tentukan target publikasi, dan pilih tanggal serta lokasi konferensi yang menarik," saran Prof. Buan. 

Beliau juga menekankan pentingnya memiliki website konferensi yang menarik dengan menampilkan landmark atau destinasi wisata kota.

Sedangkan, Prof. Aris Doyan menutup sesi dengan membahas pentingnya database dan publikasi dalam meningkatkan visibilitas akademik. Beliau juga menekankan perlunya kolaborasi antar perguruan tinggi dalam menyelenggarakan konferensi internasional bereputasi.

Lokakarya ini menghasilkan poin-poin penting seperti, alasan penolakan artikel dalam konferensi terindeks Scopus disebabkan oleh kualitas paper, antrean review yang panjang, dan heterogenitas penulis. Kemudian strategi pemasaran dan branding konferensi harus memperhatikan memilih event dengan partisipan beragam, target publikasi, jaringan dengan ekosistem, pemilihan tanggal dan lokasi yang tepat, serta membuat website konferensi yang menarik. Terakhir ditekankan tentang pentingnya kolaborasi antar perguruan tinggi dalam penyelenggaraan konferensi internasional bereputasi.

Workshop ini diharapkan dapat menjadi landasan bagi perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas dan reputasi konferensi internasional. Utamanya, dalam hal ini Tamsis Beradab yang akan menyelenggarakan, serta berkontribusi pada peningkatan akreditasi dan peringkat dunia perguruan tinggi.

COMMENTS

Nama

#Corona,124,ABRI,1,arena,54,Bandara,7,Bansos,52,Bawaslu,17,bhakti sosial,39,bima,2687,bima iptek,4,bima. Pariwisata,3,Bjayangkari,1,Coro,1,Corona,88,Covid-19,29,Curanmor,3,Daerah,1,Demonstrasi,2,des,1,Desa,53,dompu,134,Editorial,2,ekbis,227,Ekonomi,1,Ekonomi.,4,Eksbis,1,enterpreneur,1,event,1,explore,2,featured,126,Hoax,3,huk,2,hukrim,715,huksrim,3,hukum,1,Humaniora,1,HUT RI,1,inspiratif,1,iptek,30,Keagamaan,15,keamanan,8,kebudayaan,1,Kecelakaan,3,kehilangan,1,kejadian dan peristiwa,2,kemanusiaan,4,kepegawaian,1,kependudukan,12,kepolisian,168,Kesehatan,135,Kesenian,1,ketenagakerjaan,2,Kodim,15,Kominfo,5,Konflik,1,Korupsi,11,kota bima,307,KPU,3,KSB,2,lingkungan,115,lombok,109,Maklumat,2,Mataram,92,miras,1,Narkoba,8,Nasional,15,NTB,1,olahraga,24,Opini,50,Pariwisata,81,Pelayanan Publik,13,pembangunan,25,pembangunan.,2,pemerintahan,798,Pemilu,1,Pemprov,3,Pemprov NTB,143,pendidikan,402,pendidikan.,8,Perbankan,1,Perguruan Tinggi,3,perhubungan,7,perisstiwa,47,peristiwa,469,peristuwa,1,Perjudian,2,persitiwa,6,Pertamina,2,pertanian,40,Peternakan,3,politik,282,Politik.,9,Prahara,12,Prestasi,34,Provinsi,1,puisi,1,regional,5,religi,58,religius,43,Sains,1,SAJAK,1,seni,1,SKCK,1,sosbud,193,Sosial,42,Sosok,6,SUDUT PANDANG,1,sumbawa,21,Tajuk,2,Tekhnologi,2,TKI,5,TNI,1,transportasi,4,travel,5,Tribrata,1,Vaksinasi,25,video,18,warta bawaslu,1,
ltr
item
Poros NTB: Hadiri Lokakarya Konferensi Internasional, STKIP Tamsis Kencangkan Visi “Go Internasional”
Hadiri Lokakarya Konferensi Internasional, STKIP Tamsis Kencangkan Visi “Go Internasional”
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjY0HyNzEklgnK4PuU8Eb2d-pWE-sgOEPDHkLhEoKsLNFsvZ4borBR4K0fryhfxXfrk-u9E-LiHwpo2cJwWR8KPR9VLX11XcY61WrmRp4uqkS9DeGI2Pc_8oq6vBc3WwHrMXTVEiTode3Nh8qBjvTc1zSjtj8-uemdWglx4igIBTzpusWJFYcyjS9DYHT-H=w640-h426
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjY0HyNzEklgnK4PuU8Eb2d-pWE-sgOEPDHkLhEoKsLNFsvZ4borBR4K0fryhfxXfrk-u9E-LiHwpo2cJwWR8KPR9VLX11XcY61WrmRp4uqkS9DeGI2Pc_8oq6vBc3WwHrMXTVEiTode3Nh8qBjvTc1zSjtj8-uemdWglx4igIBTzpusWJFYcyjS9DYHT-H=s72-w640-c-h426
Poros NTB
https://www.porosntb.com/2024/06/hadiri-lokakarya-konferensi.html
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/2024/06/hadiri-lokakarya-konferensi.html
true
2479742407306652642
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content